Sejak Koperasi Melati berdiri tahun 1990, pinjaman biasa, yang kita singkat dengan PISA telah kita luncurkan. Saat itu sangat banyak anggota yang membutuhkan pinjaman dengan cara cepat. mudah, dan murah Sangat disayangkan saat 1990-1995 itu, uang tabungan/simpanan anggota masih sedikit sekali, sehingga terkadang untuk meminjam diperlukan waktu atau antrian yang panjang/lama.  

Selanjutnya, sejak tahun 1995-2000, tabungan mulai mengalir ke kas Kopdit  Melati, dan ini memudahkan untuk anggota meminjam ke koperasi. Namun  demikian, jalannya koperasi pada sektor pinjaman masih tersendat sendat dengan birokrasi. Ketiadaan kantor, tempat tinggal pengurus yang terpencar, waktu yang sempit bagi anggota yang mau meminjam dll, menyebabkan bertumpuknya masalah untuk sektor pinjaman.  

Semua hambatan di evaluasi, dipangkas, di sederhanakan, tetapi tetap harus pada rel AD-ART. Sekarang ini, yaitu sejak tahun 2000, pinjaman anggota dipermudah, dipangkas hal hal yang tak perlu, tak lagi antri, meskipun tetap harus melalui prosedur baku mengisi permohonan pinjaman serta wawancara, dan diputuskan oleh yang mempunyai otoritas dalam, jumlah pinjaman.

Informasi selengkapnya dapat didownload disini